Rabu, 15 Juni 2011

Analisis Kesalahan berbahasa 1 Oleh Tian Fatmanuraini

KONVEKSI KAOS
Hp : 90 499 898
Spesialist Mengerjakan :
KAOS
TRENING, JAKET, SWEATER, SABLON, SERAGAM OLAH RAGA, TOPI
TEL : 90 499 898

Ø  Analisis Kesalahan Berbahasa
  1. Tertera fonem V pada kata konveksi yang seharusnya diubah menjadi F sehingga terbentuklah kata konfeksi yang berarti jenis usaha pakaian yang dibuat secara massal dan dijual dalam keadaan jadi (KBBI, 2007:586).
  2. Tertera kata kaos pada frase konfeksi kaos dan di bawah frase spesialis mengerjakan, diubah menjadi kaus yang berarti baju yang terbuat dari bahan kaus (KBBI, 2007:517).
  3. Tertera fonem T pada kata spesialist dihilangkan sehingga menjadi kata spesialis yang berarti orang yang ahli dalam suatu cabang ilmu atau keterampilan (KBBI, 2007:1087).
  4.  Tertera kata HP yang diubah menjadi telepon untuk menyesuaikan bahasa Indonesia yang digunakan dan disingkat menjadi telp dengan diikuti oleh tanda titik karena tanda titik digunakan pada singkatan umum yang terdiri atas tiga huruf atau lebih (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan, 2001:26).
  5. Setelah frase spesialis mengerjakan, tidak diberi tanda titik maupun tanda titik dua karena masih berhubungan dengan kata kaus yang menggunakan huruf kapital untuk menekankan suatu makna atau informasi.
  6.  Tertera kata trening dan topi dihilangkan karena maknanya tidak terangkum oleh bentuk superordinatnya yang mempunyai makna lebih luas.
  7. Tertera kata sweater diubah menjadi sweter yang berarti baju hangat yang dipakai saat cuaca dingin (KBBI, 2007:1113).
  8. Tertera TEL : 90 499 898 dihilangkan karena dianggap redundansi atau pemborosan, mengingat sudah tertera di bawah frase konfeksi kaus. 
  9. Tertera kata sablon diubah menjadi penyablonan karena merupakan suatu proses atau cara dalam menyablon. Setelah itu, kata penyablonan dipindah ke belakang seragam olah raga yang didahului kata hubung (dan) sehingga menjadi Jaket, Sweter, Seragam Olah Raga, dan Penyablonan.
  10. Tertera tambahan keterangan atau penjelasan hipernim kaus diberi tanda kurung yang digunakan untuk mengapit tambahan keterangan atau penjelasan (Pedoman Umum Ejaan bahasa Indonesia Yang Disempurnakan, 2001:52).
 Sehingga menjadi..
 
KONFEKSI KAUS
Telp. 90 499 898
Spesialis Mengerjakan
KAUS
(JAKET, SWETER, SERAGAM OLAH RAGA, DAN PENYABLONAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar